13 Agustus 2013

Weaning with Love Menyapih dengan Cinta





Weaning with love adalah melakukan penyapihan secara perlahan dan gradual, tanpa pemaksaan dan tidak secara tiba-tiba yang katanya bisa membuat anak trauma. Dalam tehnik ini, anak juga diajak berkomunikasi dengan sang ibu dan dijelaskan, mengapa ia seharusnya tidak lagi menyusu.
Ini proses Weaning with love nya putra ketiga kami, Ashlahul Amalil Akbari..
*Amal 16m+ sampai 20m
Setelah positif hamil, kami mulai sounding "mimik toto buat adik". Mimik toto itu istilah Amal bilang mimik asi, karena kalau mau mimik asi selalu menata bantal untuk punggung dan tangan saya, jadi saya tidak pernah menyusui sambil berbaring/tiduran. Amal masih mimik toto terus, pagi siang malam, setiap saat..
*Amal 21m
Pola minum asi: tiap mau tidur malam, bangun malam (1-3x minum asi, tapi kadang tidak terbangun untuk minum asi, kadang bangun minum air putih/minta maem), setelah mandi pagi sudah tidak minum asi tapi langsung makan & bermain, bobok siang kadang sudah bisa tanpa minum asi.
*Amal 22m
Latihan weaning with love, sounding nya dari awal hamil "mimik totonya buat adik ya.." Alhamdulillah Amal (22m18d) sudah bisa tidak minta ASI, paling lama 3 hari tidak ngASI, setelah itu minta terus, namanya juga latihan. Kalau pas minta ASI, saya alihkan ke makanan, karena sudah diatas satu tahun jadi ASI bukanlah kebutuhan utama, maka bisa dapat tambahan asupan gizi dari makanannya, buah, sayur, jus buah. Untuk susu UHT memang baru akan saya berikan setelah lulus ASI 2 tahun, itupun tidak sebagai minuman tiap hari, hanya selingan saja, malah ngelantur ke menu MPASI. Tapi kalau Amal lagi ngantuk berat dan tidak bisa bobok yaa.. tetap minta ngASI "mimik toto" sambil nangis.
*Amal 23m
Sounding tetap lanjut... ditambah memperlihatkan gambar ibu menyusui bayi... dan sounding lagi "itu mimik toto buat adik bayi". Akhirnya kalau mau mimik toto bisa bilang "mimik toto buat adik bayi" tapi tetap masih minta mimik toto ^_^
*Amal 24m
Pola minum asi, bobok siang (antara pkl 8/9 - pkl 11/12) sudah tanpa asi, dengan sounding "mimik toto buat adik" tambah "Amal mimik toto malam" karena kalau tidak seperti itu tetap minta mimik toto siang. Malam asi: mo bobok (pkl 18:30/19:15), bangun malam pkl 20:30/21an dan pkl 22:30/23an.
*Amal25m
Terakhir mimik toto 2y1m7d  25mei13, 9:52pm selama 20'. Setelah Ahsan lahir, Amal tidak minta mimik toto lagi, tapi beralih ke makan ngemil makan ngemil dan makan ngemil lagi... Dan ketika melihat adiknya mimik toto tidak cemburu, padahal dari awal kehamilan kami bingung bagaimana kalau nanti adiknya mimik toto Amal iri cemburu dan pingin mimik toto lagi, Alhamdulillah Amal sudah paham, dan sounding dari awal kehamilan "mimik toto buat adik" berhasil.. Mulai 2y1m9d, senin27mei13 mimik uht pakai gelas, tapi saya encerkan sehari ±100-200ml. Mulai 2y1m10d, selasa28mei13 mimik asip pakai gelas sehari ±100-300ml, karena produksi asi banyak, akhirnya saya perah dan saya berikan Amal. 
Saat 2y1m12d dan 2w, kamis30mei dan 1jun13 malam minta mimik toto lagi sampai nangis, bangun malam minta mimik toto lagi sampai nangis juga, rasanya bingung kok jadi minta mimik toto lagi, jangan-jangan aduh...pokoknya bingung... karena Amal nangis...sedih rasanya, tapi terus kami beri pengertian, saya peluk lalu Amal digendong Abi'Amal dialihkan ke makanan akhirnya mau. Malam selanjutnya sudah kembali seperti semula bobok dengan dipeluk tanpa mimik toto, mungkin kemarin Amal kangen saat mimik toto...T_T
*Amal 26-27m
Kalau Ahsan sedang mimik toto, Amal sudah nunggu untuk mimik asi hasil perahan. Amal sendiri yang mengambilkan cangkir kecil/botol di lemari es untuk tempat asi hasil LDR saat menyusui, atau pas saya sedang merah pakai tangan (marmet). Sambil bilang "Amal mimik tu, Amal mimik susu tu". Jadi terharu..
Alhamdulillah Amal semakin mantap dengan wwl nya, sudah bisa bobok tanpa asi kadang mau bobok minta baca buku, nyanyi, ngaji, dipeluk, malah kadang maunya bobok sendiri. Mimik asip pakai gelasnya juga sambil bilang "Amal mimik asi pake gelas, adik mimik toto asi". Kalau bangun bobok langsung bilang "Amal mimik susu kas" ---->asip dikulkas. Malah sering goda, "Umi.....mimik toto Amal...sambil senyum senyum"
Ibu-ibu lain dan teman-teman ada yang bilang kalau itu sama saja belum disapih karena masih mimik asi tapi tidak langsung. Tapi bagi kami, ini juga menyapih tapi tanpa drama oles pakai apapun. Mungkin ini yang dinamakan wwl, weaning with love. Semua merasa ikhlas... 
Alhamdulillah Allah memberikan kemudahan pada kami dalam proses menyapih Amal, semoga Amal bisa menjadi anak yang sholeh begitu juga adiknya Ahsan, insyaAllah. Aamiin.

Tidak ada komentar: